Baik atau Tidak Berbuka Puasa Dengan Teh Manis?

Teh manis merupakan minuman sederhana paling popular di Indonesia, minuman simple yang sangat mudah dibuat ini dapat melepaskan dahaga disaat kita haus, namun baik nggak sih kita buka puasa dengan Teh manis?

 

Bolehkah Minum Teh saat Buka Puasa?

Setelah seharian berpuasa, membayangkan teh manis dengan tambahan es batu mungkin sangat menggugah selera. Anda pun pasti setuju, minum teh saat buka puasa dapat memberikan kesegaran dan mengatasi rasa haus dengan seketika, apalagi setelah berjam-jam tidak mengonsumsi makanan atau minuman apa pun. Sayangnya, para pakar kesehatan ternyata sama sekali tidak merekomendasikan es teh manis sebagai minuman pertama yang dikonsumsi saat berbuka puasa, lho. Mereka lebih merekomendasikan air putih atau air hangat. Minuman ini dipercaya bisa mencegah datangnya sakit tenggorokan. Para pakar juga menganggap teh manis hangat jauh lebih baik ketimbang es teh manis karena membuat tenggorokan menjadi lebih nyaman saat berbuka. Lantas, bagaimana dengan adanya kandungan gula di dalam minuman ini? Pakar kesehatan menyebut, orang sehat tidak masalah mengonsumsi teh manis hangat karena saat puasa, biasanya kadar gula darah turun dengan signifikan. Minum teh manis hangat saat buka puasa kemungkinan bisa mengembalikan keseimbangan kadar gula darah di dalam tubuh.

Akibat Terlalu Banyak Minum Es Teh Manis

Bila Kamu telah terbiasa komsumsi es teh manis disaat berbuka puasa, ahli kesehatan menganjurkan untuk mulai menurunkan frekuensi meminumnya. Tidak hanya itu, walaupun Kamu merasakan kebugaran yang luar biasa sehabis meminumnya, hendaknya Kamu lebih menahan diri buat tidak komsumsi es teh manis sangat banyak. Alasannya, hal itu akan berakibat pada bermacam resiko kesehatan berikut:

BACA JUGA  Resep Crash Diet, Rahasia turun badan 8 Kg 1 bulan

1. Membahayakan ginjal

Tidak hanya dapat menimbulkan perut begah karena kebanyakan minum, sangat banyak minum es teh manis pula dapat menimbulkan permasalahan pada organ ginjal. Akibat ini bisa muncul karena teh mempunyai isi asam oksalat yang besar. Bila dikonsumsi sangat banyak, kandungan ini dapat mengendap di dalam ginjal. Pada gilirannya, situasi tersebut akan tingkatkan resiko batu ginjal yang menyakitkan.

2. Memicu diabetes

Walaupun minum teh manis bisa mengembalikan penyeimbang gula darah sehabis seharian berpuasa. Tetapi, hal ini tidak berlaku untuk pengidap diabet. Diabetesi( pengidap diabetes) hendaknya menjauhi mengkonsumsi teh manis sebab tubuhnya tidak dapat mengatur kandungan gula darah dengan wajar. Tidak hanya itu, sangat banyak minum teh manis dikala buka puasa pula beresiko meningkatkan penyakit ini. Resiko akan muncul efek peningkatan gula.

3. Tingkatkan resiko kegemukan

Mengutip Health Guidance, gula merupakan aspek penyumbang mendasar kegemukan serta diabetes. Oleh sebab itu, menghalangi pemakaian gula dalam es teh Kamu penting untuk dicermati. Satu hal yang pasti, sehabis komsumsi minuman manis, Kamu hendaknya tidak kebablasan komsumsi hidangan manis, semacam kue ataupun biskuit. Bila tetap melakukannya disaat berbuka, dapat jadi hal ini akan mengakibatkan kenaikan berat tubuh secara signifikan. Inilah yang pada akhirnya tingkatkan resiko kegemukan.

4. Menyebabkan diare

Tidak hanya membatasi konsumsinya supaya tidak melampaui batas, ahli kesehatan menganjurkan untuk tidak asal- asalan membeli es teh manis. Alasannya, hal ini dapat berpotensi mengakibatkan diare. Hanya saja, pemicunya tidaklah dari teh, melainkan pemakaian es batu yang bisa jadi kurang higienis. Bila tidak berhati- hati, dapat saja es batu yang dipakai dalam es teh manis dibuat dari air mentah ataupun belum dimasak. Air mentah beresiko memiliki bermacam berbagai kuman yang dapat mengakibatkan kendala pencernaan seperti diare. Salah satu kuman itu merupakan vibrio cholera. Teh sesungguhnya bagus buat kesehatan sebab memiliki antioksidan serta bermacam nutrisi penting yang lain. Hanya saja, Kamu hendaknya lebih bijaksana dalam komsumsi, terutama pada saat hendak minum es teh manis disaat buka puasa. Yakinkan untuk memperhatikan jumlah dosis gula, pemakaian es batu, serta konsumsi es teh manis dalam satu hari. Kamu tidak mau ibadah puasa justru berakhir pada masalah kesehatan, bukan?

BACA JUGA  Tips penting Dan Resep Kue Nastar Serta Cara Membuatnya Dengan Mudah