Manfaat Vitamin D dan Sumber Vitamin D yang harus kamu ketahui

Khasiat Vitamin D yang Penting untuk Kesehatan Tubuh

Di masa modern ini, sebagian besar kegiatan dilakukan di dalam ruangan, alhasil banyak orang jarang terkena paparan cahaya matahari yang merupakan basis vitamin D. Hal ini pasti disayangkan menimbang vitamin D memiliki khasiat besar untuk tubuh. Berbagai khasiat vitamin D mulai dari hormon oksitosin serta kesehatan tulang

Vitamin D sangat dikenal dengan khasiatnya yang bagus untuk kesehatan tulang. Tidak hanya itu, vitamin ini juga berfungsi dalam menghindari tubuh dari penyakit serius. berikut ini 5 manfaat penting dari vitamin D

1. Membantu melindungi kesehatan tulang serta otot

Image Source : Freepik

Tubuh Kamu memerlukan vitamin D untuk penyerapan kalsium. Mineral kalsium merupakan nutrisi penting penyusun tulang sehingga menciptakan tulang kokoh serta mengurangi resiko patah tulang. Tanpa adanya vitamin D yang cukup, seorang tidak dapat membentuk hormon kalsitriol yang mencukupi untuk menyerap kalsium dari makanan.

Dalam kondisi ini, tubuh akan mengambil persedian kalsium dari tulang serta berdampak tulang jadi lemah serta berdampak pada penyakit tulang semacam osteoporosis serta rakitis.

2. Membantu melindungi kesehatan bunda serta janin

Image Source : Freepik

Supaya tidak terjadi tulang yang rapuh , penuhilah kebutuhan konsumsi vitamin D. Bersama dengan kalsium, vitamin ini akan merendahkan resiko Kamu terserang patah tulang. Kekurangan vitamin D sering terjadi pada perempuan usia muda, termasuk perempuan yang lagi mengandung dan usia lanjut.

BACA JUGA  Baik atau Tidak Berbuka Puasa Dengan Teh Manis?

Selama kehamilan, seorang perempuan beresiko kehilangan kalsium akibat kebutuhan janin dalam kandungan, serta karena meningginya pengeluaran kalsium lewat urine. Hal itu lalu bertambah seiring bertambahnya umur kehamilan.

Perempuan hamil wajib mempunyai cukup vitamin D pada saat melahirkan untuk memastikan bayi mereka mempunyai tingkatan vitamin D yang cukup untuk 4– 6 bulan awal kehidupannya.

Tidak hanya itu, riset membuktikan terdapatnya kemungkinan hubungan antara rendahnya vitamin D pada perempuan hamil serta melonjaknya resiko kehamilan seperti preeklampsia, kelahiran prematur, diabet gestasional, serta peradangan bakterial vaginosis.

3. Bantu melawan penyakit autoimun

Akhir- akhir ini sudah banyak riset yang mengaitkan vitamin D serta kedudukannya pada berbagai berbagai penyakit, alias tidak untuk tulang serta otot saja.

Penyakit autoimun seperti multiple sclerosis yang lebih banyak terjadi pada perempuan dikenal berkaitan dengan kandungan vitamin D yang sedikit. Tidak hanya multiple sclerosis, vitamin D juga berfungsi sebagai imunosupresan pada rheumatoid arthritis( rematik).

Vitamin D juga berkhasiat agar sistem kebal dalam badan manusia berfungsi dengan cara wajar untuk melawan beberapa berbagai penyakit.

Image Source : Freepik

4. Bantu menghindari penyakit parah lainnya

Khasiat lain dari vitamin D ialah mengurangi resiko Kamu terhadap penyakit parah.

Salah satunya, pemenuhan konsumsi vitamin D yang cukup dapat bantu menjauhkan Kamu dari resiko kanker, karena vitamin D mempunyai dampak anti karsinogenik.

Hubungan antara status vitamin D yang cukup serta resiko kanker yang lebih kecil sudah dibuktikan oleh banyak riset. Tidak hanya itu, banyak pula riset yang memberi tahu terdapatnya ikatan antara defisiensi vitamin D serta kenaikan resiko beraneka ragam penyakit jantung seperti darah tinggi, gagal jantung, serta penyakit jantung iskemik.

5. Bantu menghindari gangguan suasana hati

Nyatanya, vitamin D juga bisa menolong mencegah gejala yang terkait dengan gangguan suasana hati. Memang, hubungan antara vitamin D serta tekanan mental bukan berupa sebab- akibat. Walaupun begitu, keduanya dapat sama- sama mempengaruhi.

BACA JUGA  Kamu penderita Diabetes? Lihat 9 tips berikut ini untuk tetap bisa makan enak

Khasiat vitamin D untuk kesehatan mental ini telah banyak dibuktikan. Salah satunya, pada suatu riset membuktikan jika banyak orang depresi yang menerima suplemen vitamin D mengalami rehabilitasi pada gejala mereka.

Dalam riset lain, ditunjukkan kalau defisiensi vitamin D banyak ditemui pada banyak orang yang mengalami gangguan kecemasan serta tekanan mental.

Dengan alasan itu, penderita yang mempunyai gangguan suasana hati sering dianjurkan untuk beraktivitas di luar rumah supaya dapat memperoleh konsumsi vitamin D dari cahaya matahari.

Image Source : Freepik

Sumber Vitamin D

Vit D dapat ditemui dari berbagai sumber, seperti cahaya matahari, makanan, serta suplemen. Di negeri dengan iklim tropis semacam Indonesia, vitamin D cukup mudah ditemui dengan metode berjemur di bawah cahaya matahari pagi sepanjang 15 hingga 20 menit, setidaknya 3 kali sepekan.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D dalam badan, Kamu dapat komsumsi makanan yang kaya akan vitamin D.

Makanan mengandung vitamin D :

  • Minyak ikan
  • Kuning telur ayam
  • Daging merah
  • Hati
  • Keju dan susu
  • Jamur
  • Ikan salmon, tuna, sarden
  • Buah jeruk

tanda- tanda Kekurangan Vitamin D

Kekurangan vitamin D sulit dideteksi sebab tidak menunjukkan tanda- tanda yang khusus. Supaya tidak berakibat lebih buruk, ketahui ciri- ciri kekurangan vitamin D berikut ini:

  • Nyeri tulang serta otot
  • Penyembuhan cedera lebih lama
  • Mudah terkena penyakit
  • cacat tulang
  • Perubahan suasana hati
  • Mudah Lelah

Berapa Banyak Konsumsi Vitamin D yang Diperlukan oleh tubuh Setiap Hari?

Umur 0– 12 bulan membutuhkan sekitar 400 IU

berbeda- beda tergantung pada beberapa aspek, beberapa diantaranya merupakan umur, jenis kelamin, serta paparan cahaya matahari di sesuatu area. Berikut ini merupakan kebutuhan setiap hari vitamin D yang direkomendasikan untuk menghindari kekurangan vitamin D:

Umur 1– 70 tahun membutuhkan sekitar 600 IU

BACA JUGA  Cara meredakan sakit gigi dengan cepat dengan pijat refleksi

Umur lanjut dan ibu hamil serta menyusui membutuhkan 800 IU

Pada sebagian kondisi kandungan vitamin D dalam badan belum cukup ataupun kurang, serta disertai kebutuhan vitamin D yang bertambah. Untuk memastikan situasi ini, hendaknya lakukan pengecekan dengan dokter.

Memenuhi Kebutuhan Vitamin D Anda

Mengingat banyaknya khasiat vitamin D untuk kesehatan, penting bagi Kamu untuk penuhi konsumsi vitamin D setiap hari. Penuhi konsumsi vitamin D sebetulnya tidaklah susah. Tidak hanya berjemur di cahaya matahari pagi, Kamu dapat komsumsi makanan yang banyak akan vitamin D.

Kebutuhan vitamin D juga bisa terpenuhi dengan komsumsi suplemen ekstra. Tetapi, sebaiknya bicarakan terlebih dulu dengan dokter sebelum komsumsi suplemen vitamin D.

Terlebih bila Kamu mempunyai alergi pada makanan ataupun obat yang terkandung pada suplemen dan berapa banyak yang wajib Kamu konsumsi tiap harinya.

 

Salam Cibers..

Penulis, Citraberita.com