simak 7 tips penting agar tercapai tidur yang berkualitas

Permasalahan yang cukup sering dialami banyak orang di masa kini ini adalah tidur yang tidak nyenyak ataupun tidak berkualitas. Sementara itu, tidur jadi salah satu hal yang sangat penting sebab bisa mempengaruhi kualitas tubuh pada saat beraktivitas sehari- hari. Sudah jadi kenyataan lumrah jika tidur yang tidak berkualitas bisa menjadikan seseorang berpotensi mengalami gangguan kesehatan, baik itu secara fisik ataupun secara psikologis.

Dalam beberapa riset para pakar membuktikan jika seorang yang sering kurang tidur ataupun tidur yang tidak berkualitas bisa mempengaruhi aktivitas tubuh dan juga otak, mulai dari penurunan daya pikir, tingkat konsentrasi, sampai kemampuan dan kecakapan pada disaat bekerja.

Apabila diulas secara lebih lanjut, seorang yang mengalami kendala tidur alhasil tidak dapat tidur dengan nyenyak bisa lebih beresiko untuk terkena serangan jantung, diabet, kegemukan, bahkan juga kanker. Maka dari itu, sebagai orang yang ingin lebih fit setiap harinya, tentu Kalian butuh meningkatkan kualitas tidur sehingga bisa merasakan bermacam manfaat pada saat bangun di pagi hari.

Hal itulah yang membuat Gramedia membagikan beberapa cara serta tips supaya Kamu coba lakukan agar memperoleh tidur yang berkualitas. Postingan ini akan memaparkan mengenai bagaimana tidur yang berkualitas, penyebab tidur yang tidak bermutu, metode supaya memperoleh tidur yang bermutu, sampai tips spesial supaya Kalian memperoleh tidur yang berkualitas.

BACA JUGA  5 Kacang yang Membuat Kulit Anda Bersinar Secara Alami

1. mengatur napas pernapasan saat sebelum tidur

image source : freepik

Dikutip dari medicine. umich. edu, relaksasi yang baik sebelum tidur merupakan mengatur nafas dengan cara dalam- dalam. Hal ini diyakini untuk melenyapkan kecemasan yang lagi mengganggu pikiran kalian.

Nah, kalian dapat mencobanya. Pertama, tiduran lalu posisi wajah mengarah ke atas, tangan serta kaki lurus. Lemaskan otot tubuh kalian. Fokus dengan mengatur nafas dengan perut. Tiap hembusan, rasakan ketegangan itu mengikuti nafas yang terbuang. Ulangi serta rasakan ritmenya, lama kelamaan kalian akan cepat tidur.

2. Hindari minum obat

Di luar sana kalian akan menemukan bermacam obat- obatan yang ada kandungan alpha- blockers. Nah, obat itu secara medis dapat membuat kamu tidak bisa tidur. Umumnya, obat ini dikonsumsi oleh pengidap darah tinggi. Sebab berkaitan fungsinya dipakai di siang hari.

3. Mengurangi durasi tidur siang kamu

kalian yang senang tidur siang sangat lama, tentu pernah merasakan tidur sampai larut malam di malam hari. Nah, itu sebenarnya mulai dari sekarang potong tidur siang kalian. Durasi buat tidur siang tidak lebih dari satu jam.

4. Jauhi aktivitas yang memunculkan stres ataupun imajinasi berlebihan

image source : freepik

Kata sebagian orang, antara waktu 2 jam serta 4 jam sebelum tidur, kalian butuh menghindar dari mengerjakan kewajiban berat semacam mengerjakan laporan. Sebab hal ini akan berpengaruh di otak kalian. Misalnya belum selesai, hal itu akan jadi pikiran kalian dan akhirnya banyak pikiran.

Kemudian, menonton film juga bisa menambah imajinasi kalian. Hal ini akan berakibat terus menjadi meluasnya imajinasi kalian. Jadi, semestinya dalam waktu sebentar kalian dapat tidur, tetapi karena imajinasi kalian sedang ON, kalian jadi terus berasumsi dan tidur juga terus menjadi larut.

BACA JUGA  8 manfaat utama jus lidah buaya

5. Jauhi makanan berat di malam hari

image source : freepik

Diusahakan 2 jam sebelum tidur kalian menghindari makanan berat. Walaupun itu bisa membuatmu mengantuk, tetapi alat pencernaanmu akan bekerja, selama kalian tidur. Alhasil ketika bangun di pagi hari, kalian merasa lelah, tanpa kalian sadari.

6. Tidak olahraga yang menguras tenaga di malam hari

image source : freepik

Olahraga yang membuat kalian lelah nantinya akan mengganggu kualitas tidur kalian. Terlalu letih dapat membuat kamu mengorok. Dan tubuh secara lama- lama menyesuaikan. Alhasil di pagi hari kalian masih merasa letih. Bila tak terbiasa dengan olahraga berat, kalian akan merasa lelah serta tidak bergairah.

7. Perhatikan tempat tidur kalian serta suasana kamar

image source : freepik

Sudah tidak dapat dimungkiri, bila kalian ingin tidur, pastinya akan bebenah dahulu sprei serta menyusun bantal dan guling. Sebab tempat yang rapi serta teratur akan membuat seorang mudah cepat tertidur.

Tidak hanya itu cermati lampu ruangan. Jika kalian senang gelap, matikan lampu kamar. Walaupun sepele tetapi sangat mempengaruhi dengan kualitas tidur kamu

 

Salam Cibers..

Penulis, Citraberita.com