4 makanan sahur yang baik untuk diet

Pada dasarnya, menu sahur buat diet memiliki benang merah yang sama dengan menu diet sehat dengan cara normal. Untuk menurunkan berat badan, konsumsi kalori setiap hari Kamu haruslah lebih kecil dari kalori yang dipakai buat beraktivitas fisik. Pasalnya, konsumsi karbohidrat, lemak, serta protein merupakan zat gizi yang mempunyai kalori. Ketiganya akan disimpan di dalam badan sebagai lemak. Bila Kamu aktif secara fisik, persediaan lemak ini akan diganti jadi energi.

Jadi, kurangi konsumsi kalori setiap hari serta memperbanyak aktivitas fisik akan menunjang Kamu menurunkan berat tubuh. Disaat berpuasa, Kamu memang hanya makan serta minum disaat berbuka serta sahur. Pola makan ini sebenarnya membantu Kamu mengurangi konsumsi kalori. Hanya saja, buka puasa terkadang jadi ajang“ balas dendam”. Betul, ada kecenderungan makan serta minum kelewatan sebagai pelampiasan menahan haus serta lapar sepanjang hari. Tentu, metode buka puasa yang kelewatan malah membuat konsumsi kalori meningkat, apalagi sering lebih banyak dari asupan harian disaat tidak berpuasa. Untuk menjauhi situasi tersebut, Kamu dapat mengakalinya dengan metode mengonsumsi menu sahur untuk diet tepat saat sebelum imsak ataupun dinihari.

Makan sahur dekat dengan waktu dinihari akan memberikan konsumsi cadangan cairan serta tenaga yang lebih maksimal untuk persiapan puasa. Jadi, Kamu tidak butuh berusaha keras menahan lapar serta haus disaat puasa, kemudian balas dendam dengan makan banyak disaat berbuka.

1. Nasi merah

image source : freepik

Nasi merah merupakan salah satu sumber karbohidrat yang mempunyai serat yang cukup banyak serta bisa membuat Kamu kenyang lebih lama. Tidak hanya itu nasi merah pula mempunyai nilai glikemik yang kecil serta sangat baik bila dikonsumsi disaat diet ataupun bagi orang yang sedang mengurangi konsumsi gula seperti penderita diabet.

BACA JUGA  Sering Disebut dalam Kasus Hepatitis Akut Misterius, Apa Arti SGPT dan SGOT?

2. Oat

image source : freepik

Jika Kamu mau hidup yang sehat dengan umur yang panjang, konsumsilah sereal ataupun oat di pagi hari.

Oat umumnya sama dengan makanan diet. Oat mungkin tidak banyak yang terlalu gemar dalam mengonsumsinya. Walaupun memang oat baik untuk mengendalikan kolesterol dalam badan, tetapi tetap saja tidak banyak yang menyukainya, sebab rasa oat yang cenderung tawar serta kurang mempunyai rasa yang nikmat. Tetapi disaat ini sudah banyak oat praktis yang mempunyai rasa cukup nikmat sebab telah memiliki campuran susu serbuk di dalam sachet oat instan itu. Kandungan gandum utuh pada oat, tentu amat baik untuk pencernaan. Tidak hanya itu oat kaya akan serat yang bermanfaat untuk memberi rasa kenyang lebih lama disaat lagi berpuasa.

3. Roti gandum

image source : freepik

Makanan ini bisa dijadikan pilihan disaat Kamu tidak sempat untuk memasak makanan atau lauk untuk makan sahur. Cukup tambahkan selai kacang sehingga roti gandum sudah mempunyai rasa yang cukup nikmat. Tidak hanya itu roti gandum mempunyai kandungan serat yang lumayan tinggi. Serat pada roti gandum memang tidak sebanyak kandungan serat pada tipe oat ataupun nasi merah. Namun serat yang dimiliki roti gandum tetap bisa mengenyangkan serta memiliki nilai glikemik yang rendah.

4. Menu kaya protein

image source : freepik

Salah satu asupan yang bisa membantu menurunkan berat badan merupakan protein. Jadi sebaiknya, konsumsi menu yang banyak protein disaat sahur. Tetapi, pilihlah sumber protein dengan kandungan lemak kecil.

Sebagian menu itu di antara lain ikan, daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit, telur rebus. kamu juga dapat komsumsi protein nabati semacam tempe, tahu, kacang kedelai serta lainnya. Janganlah lupa, kuncinya juga terdapat pada metode memasak. Sebaiknya, pilihlah tata cara memasak yang tidak memakai minyak, seperti direbus, dikukus, ataupun dipanggang.

BACA JUGA  Tanpa perlu PCR tes penciuman anjing terlatih bisa mendeteksi Covid 19 loh