8 tips makan diet saat lebaran agar tubuh tidak melar

Lebaran adalah hari yang dinanti nanti untuk berkumpul dengan sanak saudara, dan biasanya saat lebaran tersedia makanan menarik spesial lebaran dalam jumlah banyak, hal ini harus dicermati saat menyantapnya, bisa jadi pola diet yang selama ini dijalani langsung gagal seketika saat kita terlalu bersemangat dan tidak bisa menahan nafsu makan makanan lebaran, berikut 8 tips makan diet saat lebaran

1. Buat target

Makanan tinggi lemak, protein serta karbohidrat sudah pasti akan ada di rumah saat Lebaran, ya Kamu. Tetapi untuk yang memiliki kondisi kesehatan seperti diabetes ataupun dalam program penurunan berat badan, sangat berarti membatasi konsumsi beberapa tipe makanan serta tetap menahan diri.

2. Tahan nafsu makan

Sudah tentu persediaan makanan di Hari Raya akan berlimpah, apalagi bisa jadi kita dapat menemukan berbagai tipe makan di rumah. Ini pasti akan membuat kita mau menjajalnya semua. Nah, pada saat merasakan keinginan itu, kita bisa menahannya dengan mengalihkan pikiran dan fokus mengobrol ataupun melakukan aktivitas lain bersama keluarga.

3. Jauhi daging berlemak

Makanan yang biasa disajikan saat Lebaran umumnya berbentuk olahan berbagai jenis daging dari sapi, kambing, ataupun ayam. Walaupun konsumsi daging tidak dilarang sepenuhnya, tetapi kita wajib tetap memperhatikan serta menjauhi lemak dalam potongan daging.

Cara yang dapat dicoba, misalnya untuk ayam sebaiknya pilih bagian dada yang lemaknya cenderung sedikit. Tidak hanya itu, jauhi komsumsi kulit ayam sebab lemak pada ayam tersembunyi di bagian tersebut.

BACA JUGA  Pentingnya Vaksin Covid Untuk Anak

4. Prioritaskan mengkonsumsi sayuran lebih dahulu

Bukan berarti Kamu serta keluarga diminta untuk menyantap sayuran saja dikala Lebaran.

Itu pasti mustahil sebab Lebaran merupakan waktu berkumpulnya makanan enak yang membuat kita kalap makan. Sementara itu, kita senantiasa wajib membatasinya supaya pencernaan tetap bagus.

Cara terbaik untuk mengendalikan serta mengurangi nafsu makan merupakan dengan mengkonsumsi sayuran lebih dulu. Awali konsumsi dengan semangkuk salad ataupun tumis sayuran.

Sayuran memiliki nutrisi penting dan serat yang membuat Kamu merasa kenyang alhasil tidak masalah menikmati sedikit makanan berkalori tinggi.

5. Jauhi minuman bersoda serta jangan berlebihan asupan gula

Bisa jadi beberapa orang ingin minuman yang mengandung soda dikala Lebaran sebab selama berpuasa jarang ataupun bahkan nyaris tidak meminumnya.

Minuman bersoda dipenuhi dengan gula serta tidak bermanfaat untuk tubuh. Serta minuman dengan gula buatan tambahan mengarah meningkatkan kadar gula dalam darah. Hal ini, akan membuat tubuh lebih cepat lemas sebab kandungan gula darah yang tidak normal.

Tambahan lagi, kue- kue baik kering ataupun basah, puding, serta permen yang umumnya tersedia juga mengandung gula. Jadi, berapa banyak gula yang akan masuk ke tubuh Kamu?

Untuk mengurangi minuman manis, selingi dengan air putih yang menolong tetap terhidrasi dan membuat kadar glikogen kembali normal setelah sebulan berpuasa.

6. Kontrol Porsi makan jika ingin mencicip seluruh hidangan

Mengontrol porsi sangat berarti disaat memakan beragam hidangan Lebaran, pastinya bila Kamu mau berat badan tetap terkendali. Janganlah menumpuk makanan dalam satu piring.

Ketika terus menambahkan makanan ke piring, Kamu ditekan untuk menghabiskannya agar tidak mubazir. Kemudian, bagaimana dengan makanan kedua, makanan ketiga, serta berikutnya? Tidak mungkin seluruh masuk perut Kamu, kan?

BACA JUGA  4 Tips Meningkatkan kemampuan otak

Metode terbaik untuk mencicip seluruh hidangan yaitu mengambil sedikit porsi tiap makanan. Bisa jadi dapat diselingi mengobrol dengan Papa serta anak- anak alhasil lebih berkonsentrasi pada percakapan daripada makanan.

Ingat, kita makan buat hidup bukannya hidup buat makan.

7. Berhenti setelah kenyang dan tinggalkan meja

Beragam olahan Lebaran yang ada di atas meja makan membuat kita susah beranjak dari sana. Kamu serta keluarga bisa makan hidangan yang ada asalkan tidak kelewatan. Kadangkala, kita hanya lapar mata sehingga ingin semua dicoba.

Ingat, pada saat Kamu merasa kenyang, itu adalah tanda untuk berhenti. Perut yang tidak lagi siap menampung makanan akan mengirimkan sinyal ke otak alhasil kita tidak lagi menjejali diri dengan makanan itu.

Perhatikan tanda yang diberikan tubuh Kamu tersebut serta jangan diabaikan. Sinyal itu memberitahu kalau Kamu benar- benar sudah menikmati makanan yang merupakan bagian dari perayaan Lebaran.

Setelah itu, lekas tinggalkan meja serta jauhi makanan. Janganlah berlama- lama di dekat makanan sebab hanya membuat kembali lapar mata.

8. Maanfaatkan piring kecil

Makan dengan memakai piring kecil dengan porsi sedikit juga bisa menghindari kolesterol naik. Aturan makan ini juga dapat dilakukan untuk menghindari makan berlebihan sampai kekenyangan.