13 Tips mudik aman dan sehat yang harus kamu ketahui

Libur lebaran merupakan hal yang ditunggu tunggu bagi perantau, menghabiskan waktu di kampung halaman bersama sanak saudara dapat melepas penat beban kerja selama satu tahun terakhir, namun kita harus berhati hati dalam melakukan perjalanan mudik, apalagi perjalanan kita sangat jauh, berikut 13 Tips mudik aman dan sehat yang harus kamu ketahui

1. Rencanakan rute perjalanan secara matang

Hal awal yang butuh Kamu lakukan supaya mudik sehat serta aman adalah merencanakan ekspedisi secara matang. Mulailah dengan mencari tahu pilihan rute perjalanan yang bisa dilewati. Pertimbangkan pilihan rute perjalan tersebut dengan baik, misalnya dari aspek keamanan serta lama waktu perjalanan.

Apabila Kamu memilih mudik dengan alat transportasi pribadi, yakinkan mesin kendaraan dalam kondisi baik. Jangan lupa juga untuk menggunakan helm jika memakai sepeda motor serta sabuk pengaman bila mengemudikan mobil agar perjalanan aman.

Sementara itu, jika Kamu mau menggunakan transportasi umum, seperti pesawat, bus, ataupun kereta api, cobalah untuk menghindari moda transportasi yang sangat ramai ataupun sesak supaya mudik terasa lebih nyaman, dan mengurangi resiko terjangkit penyakit sepanjang perjalanan.

2. Membawa obat- obatan pribadi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, perjalanan panjang seperti mudik akan menghabiskan lebih banyak tenaga, alhasil Kamu lebih rentan untuk terkena penyakit sepanjang perjalanan. demi menjauhi resiko terjadinya masalah kesehatan selama mudik, Kamu disarankan membawa beberapa tipe obat- obatan, seperti obat mabuk perjalanan, obat sakit kepala, serta obat- obatan pribadi yang sedang Kamu konsumsi jika lagi menderita penyakit tertentu.

3. Jauhi makan sembarangan selama perjalanan mudik

Selama perjalanan mudik, terutama lewat rute bumi, Kamu pasti sering melihat berbagai berbagai makanan serta minuman yang dijual sepanjang jalan. Meski menggugah selera, Kamu sebaiknya menghindari konsumsi makanan yang dijual di pinggir jalur. Alasannya, Kamu tidak tahu pasti bagaimana makanan serta minuman itu diolah. Makanan ataupun minuman yang dijual secara terbuka di pinggir jalan juga lebih mudah terpapar bakteri.

BACA JUGA  Baik atau Tidak Berbuka Puasa Dengan Teh Manis?

Oleh sebab itu, agar lebih aman, Kamu hendaknya membawa bekal sendiri dari rumah. Tetapi, bila memang wajib membeli makanan ataupun minuman sepanjang perjalanan mudik, hendaknya beli air minum dalam kemasan dan. makanan yang dimasak dengan cara bersih hingga matang.

4. Istirahat apabila merasa lelah

Rasa letih serta mengantuk disaat berkendara adalah salah satu faktor penting terjadinya kecelakaan. Situasi ini dapat dikenali dengan beberapa tanda, mulai dari sering menguap, memejamkan mata secara berulang, sampai sulit mengingat rute perjalanan yang sudah dan akan dilewati.

Agar tetap terjaga serta fokus berkendara, janganlah tunda untuk meminggir lalu istirahat atau tidur sejenak di pos kesehatan maupun rest area segera setelah Kamu merasakan tanda mengantuk serta kelelahan. Dengan begitu, Kamu pun dapat terhindar dari resiko terjadinya kecelakaan di perjalanan.

5. Pikirkan moda transportasi

terutama ketika membawa anak Bagi Kamu yang membawa anak saat mudik, maka hendaknya tidak menggunakan sepeda motor khususnya apabila melakukan perjalanan jauh, sebab akan sangat melelahkan untuk anak serta cenderung tak aman.