9 Khasiat Daun Sirsak untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sirsak salah satu buah yang banyak disukai karena rasanya yang asam manis. Umumnya buah ini dikonsumsi langsung ataupun diolah menjadi jus serta hidangan lain. Buah ini mempunyai isi nutrisi, vitamin, serta air yang baik buat kesehatan. Bukan cuma daging buahnya yang banyak manfaat, daunnya juga banyak dipakai untuk melindungi kesehatan tubuh.

Bahkan seringkali daun dari tumbuhan sirsak jadi obat herbal dengan perpaduan bahan alami yang lain. berikut khasiat daun sirsak untuk kesehatan dan kecantikan

Khasiat Daun Sirsak untuk Kesehatan

  1. Mengobati Kanker

Tahukah Kamu, daun sirsak sudah dipakai sebagai riset untuk pengobatan penyakit kanker. Melalui riset tersebut, daun sirsak akan digunakan sebagai obat herbal alternatif untuk menyembuhkan kanker. Hal ini tidak mengherankan sebab isi acetoginin dalam daun sirsak berfungsi untuk melawan sel kanker secara alami serta efektif. Caranya, rebus daun sirsak, kemudian minum air rebusan tersebut.

  1. Menyembuhkan Peradangan

Khasiat rebusan daun sirsak yang lain merupakan sebagai penyembuhan untuk infeksi dan stres. Hal ini dikarenakan buah sirsak berfungsi sebagai antioksidan dan anti infeksi. Caranya, rebus daun sirsak sampai warnanya berganti jadi seperti daun teh, kemudian minum air rebusan itu tiap hari.

  1. Menyembuhkan Penyakit

Kamu ataupun keluarga lagi mengalami penyakit tertentu? Terdapat kabar gembira. Rebusan daun sirsak juga dapat dimanfaaatkan sebagai penyembuhan untuk beberapa penyakit. Berbagai penyakit, antara lain meriang, sakit perut, asam urat, tekanan darah tinggi, rematik, dan penyakit ginjal kronis, bisa ditangani dengan air rebusan daun sirsak.

  1. Mengontrol Gula Darah

Untuk pengidap diabetes, manfat rebusan daun sirsak sangat baik untuk mempercepat penyembuhan. Dengan rutin komsumsi rebusan daun sirsak, penderita diabetes bisa mengendalikan gula darah dengan cara efisien. Hal ini disebabkan kandungan fitokimia dalam daun sirsak berfungsi untuk mengatur kandungan glukosa darah. Kandungan gula dalam darah yang normal bisa membantu melancarkan aliran pembuluh darah untuk memasok darah ke organ penting.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tidak hanya menyembuhkan bermacam penyakit, khasiat rebusan daun sirsak yang lain merupakan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Isi vit B1, seng, dan selenium, dalam daun sirsak, bisa membuat imun tubuh Kamu tetap terpelihara untuk mengantisipasi resiko penyakit menyerang di tengah pandemi.

  1. Selaku Antioksidan

Isi antioksidan dalam daun sirsak berperan untuk menetralkan senyawa berbahaya ataupun radikal bebas. Paparan radikal bebas yang berlebihan bisa mengakibatkan kerusakan pada sel, rematik, serta mempercepat penuaan. Riset menemukan kalau kandungan antioksidan dalam daun sirsak efisien buat menghindari kehancuran sel serta merendahkan resiko penyakit kronis.

BACA JUGA  Hati- Hati Bila Berat Badan Turun Drastis Justru Membahayakan Kesehatan

Khasiat Rebusan Daun Sirsak untuk Kecantikan

  1. Mengatasi Masalah Jerawat

Khasiat daun sirsak ternyata tidak cuma untuk kesehatan, tetapi juga berguna buat kecantikan.Daun sirsak diyakini dapat mengatasi permasalahan jerawat. Kandungan bagus di daun sirsak yang membuat bahan alami ini dapat mengatasi jerawat. Ada pula kandungan baik itu antara lain.

  • Antioksidan Senyawa alami, ini mempunyai kemampuan untuk mengatasi infeksi serta membunuh kuman. Jerawat bisa saja disebabkan oleh terdapatnya infeksi bakteri selain itu, jerawat juga dapat menimbulkan infeksi. Tidak hanya itu, antioksidan juga dapat mengurangi produksi minyak berlebih di wajah. Produksi minyak berlebihan inilah yang dapat mengakibatkan jerawat tumbuh di wajah.
  • Sifat Antibakteri Penelitian, yang sempat dicoba di Brazil pada tahun 2010 diketahui daun sirsak mempunyai anti bakteri. Sifat inilah yang nyatanya dapat menekan pertumbuhan bakteri Staphylococcus yang dapat mengakibatkan jerawat.
  • Sifat Anti Radang, manfaat daun sirsak dapat meredakan infeksi. Jerawat ini dapat menyebabkan adanya infeksi pada kulit yang ditandai dengan warna kemerahan. Ekstrak daun sirsak diyakini dapat menanggulangi masalah itu.
  1. Menunda Penuaan Dini

Daun sirsak dapat mencegah penuaan dini. Hal ini dikarenakan terdapatnya isi vitamin C serta asam askorbat yang baik buat menghindari radikal bebas pemicu penuaan. Vitamin C berfungsi penting dalam menanggulangi keriput, garis halus, dan pergantian warna yang jadi ciri penuaan dini. Umumnya daun sirsak digunakan dalam bentuk pasta.

  1. Menanggulangi permasalahan pada rambut

Permasalahan pada rambut semacam ketombe, rambut rontok, rambut bertangkai, serta bermacam permasalahan yang lain pula diyakini dapat diatasi dengan memakai daun sirsak. Pasta daun sirsak serta teh daun sirsak mempunyai khasiat untuk menanggulangi masalah ini.

Efek Samping Daun Sirsak

Kamu juga harus memerhatikan efek samping yang bisa didatangkan oleh konsumsinya. Walaupun dikenal ampuh untuk menanggulangi berbagai penyakit, daun sirsak juga mempunyai efek samping untuk kesehatan. Daun ini sangat tidak direkomendasikan untuk seorang yang mempunyai kriteria berikut:

  1. Tengah menjalani penyembuhan untuk diabetes.
  2. Mempunyai tekanan darah ataupun kandungan trombosit yang rendah.
  3. Akan menjalani pemeriksaan pencitraan dengan teknologi nuklir( nuclear imaging).
  4. Mengidap penyakit Parkinson, gangguan ginjal, ataupun gangguan hati.
BACA JUGA  10 Obat Sariawan Alami yang Ampuh untuk Dewasa serta Anak- Anak