7 olahraga mengecilkan perut setelah melahirkan apa saja? berikut ulasannya

Ibu yang baru melahirkan, umumnya masih mempunyai perut gendut sebab disaat hamil, tidak hanya perut saja yang membesar tetapi pula rahim. Tidak hanya itu, disaat hamil, ibu mengarah makan lebih banyak, sehingga lemak menumpuk di beberapa bagian badan, termasuk di perut.

Berapa sih waktu yang diperlukan untuk mengecilkan perut?

umumnya diperlukan durasi sekitar 6 sampai 12 minggu untuk olahraga usai melahirkan. Nah, kecepatan dan seberapa banyak perut dapat mengecil tergantung pada beberapa faktor. Mengutip Mom Junction, berikut ini sebagian faktor tersebut:

  • Usia ibu
  • Rencana diet serta rutinitas berolahraga yang dilakukan
  • Ukuran bayi
  • Berat tubuh selama kehamilan

Tipe olahraga usai melahirkan

Bunda, ingat lagi ya, sebaiknya mulai berolahraga jika dokter telah menginzinkannya. Nah, selanjutnya ini beberapa olahraga usai melahirkan yang dapat membantu mengecilkan perut, diambil dari bermacam sumber:

1. Jalan kaki

Jalan kaki merupakan olahraga yang sangat mudah dicoba untuk kembali fit setelah melahirkan. Bunda dapat mengawalinya dengan jalan bebas sambil membawa bayi dalam gendongan ataupun dengan stroller.

Bila ini terasa kurang, Bunda juga dapat mencoba berjalan lebih cepat serta bertenaga. Tidak hanya itu, Ibu juga dapat menitipkan Si Kecil sesaat untuk mencoba variasi lain, seperti berjalan zig- zag ataupun mundur guna melatih keseimbangan.

2. Latihan pernapasan perut

Olahraga ini juga lumayan gampang dicoba, apalagi tanpa Bunda perlu meninggalkan tempat tidur. Bunda dapat mengawali dengan bersandar tegak serta mengambil nafas panjang. Setelah itu, kontraksikan perut disaat menarik nafas, tahan beberapa saat, kemudian lemaskan kembali otot perut saat membuang nafas.

BACA JUGA  simak 7 tips penting agar tercapai tidur yang berkualitas

Ketika Ibu sudah terbiasa dengan gerakan ini, coba untuk menahan nafas lebih lama. Tidak hanya melemaskan otot setelah melahirkan, latihan ini juga membantu mengencangkan serta membentuk otot perut, sehingga efisien untuk mengecilkan perut sehabis melahirkan loh, Bun.

Bila Bunda merupakan ibu rumah tangga ataupun bertugas di rumah, disaat ini telah banyak video edukasi kebugaran yang dapat diakses dengan cara online. Tidak hanya itu, terdapat banyak juga aplikasi latihan di rumah yang dapat diakses dengan gratis.

Tetapi, bila Bunda bekerja di kantor, bisa jadi Bunda dapat berjalan kaki sebentar disaat pergi ke kantor, disaat pulang ke rumah, ataupun disaat jeda makan siang. Janganlah lupa untuk mengenakan sepatu olahraga ya Bunda.

3. Berbaring sambil mengangkat kepala

Latihan ini diketahui dapat memperkuat otot punggung, mengencangkan otot perut, serta membakar kalori. Metode melakukannya adalah dengan tiduran kemudian melekukkan kedua tangan serta dengkul, sehingga telapak kaki menapak lantai.

Setelah itu, tarik nafas serta lemaskan perut, setelah itu buang nafas sambil mengangkat kepala serta leher dari lantai. Disaat membuang nafas, fokus untuk mengencangkan perut atas, sehingga kepala serta leher dapat terangkat bersamaan.

Berikutnya, turunkan kembali kepala serta leher dengan perlahan sembari menarik nafas. Ulang gerakan ini hingga 10 kali, setelah itu cobalah buat mengangkat kedua tangan juga dengan ujung 45 derajat ke depan. Ulang sampai 10 kali dengan metode pernapasan serupa.

4. Senam Kegel

Setelah melahirkan, Ibu mungkin merasa jadi lebih susah menahan buang air kecil ataupun sering tidak sengaja mengeluarkan air kencing disaat batuk ataupun bersin. Ini dapat ditangani dengan senam Kegel, Bun. Senam ini bermaksud untuk mengencangkan otot kandung kemih.

BACA JUGA  Ingin kulit bercahaya ? konsumsi 4 superfoods berikut ini

Untuk melakukannya, coba kencangkan perut bawah Bunda seperti disaat lagi menahan buang air kecil ataupun buang air besar. Aksi ini dapat Ibu jalani kapan saja, misalnya disaat sedang duduk menyaksikan Televisi ataupun menyusui Sang Kecil. Cobalah untuk melakukannya 3 kali sehari, dengan masing masing Gerakan sebanyak 10 kali.

5. Squat sambil menggendong bayi

Sang Kecil sedang tidak mau lepas dari Bunda? Tenang, Bunda tetap bisa olahraga sembari menggendongnya. Pertama, gendong Si Kecil melekat dengan dada Bunda. Jaga kepalanya, paling utama jika ia masih belum dapat mengangkat kepala.

Setelah itu, buka kedua kaki Bunda selebar bahu serta tekuk lutut sampai paha sejajar dengan lantai. Arahkan pantat ke belakang seperti posisi akan duduk dan punggung membuat sudut 45 derajat. Ulang gerakan ini beberapa kali.

Ibu dapat melaksanakan latihan ini bila Si Kecil sudah berumur minimun 10–12 pekan. Tidak hanya itu, pastikan Ibu telah cukup kuat serta mempunyai keseimbangan yang cukup baik, ya.

6. Berlatih Metode Anulom- Vilom

Selanjutnya, metode mengecilkan perut sesudah melahirkan dengan dilakukan dengan gerakan senam ataupun metode anulom- vilom. Anulom- vilom ialah metode pernapasan terkendali dalam gerakan yoga. Triknya adalah dengan menutup salah satu lubang hidung ketika menghirup udara kemudian menahan lubang hidung yang lain pada saat membuang nafas. Ulangi metode itu secara berulang.

Metode anulom- vilom mempunyai manfaat fisik serta psikis, tercantum mengurangi stres serta kurangi berat badan. Lewat kekuatan pikiran, metode ini bisa mempengaruhi fisik serta psikis kalian. Kontraksi yang berirama pada cara ini membuat perut bagian atas dan bawah mengencang dengan cepat. Tetapi yakinkan kamu benar- benar rileks disaat melakukan aksi agar hasilnya lebih maksimal, ya!

BACA JUGA  Ingin Turun Berat Badan? Wajib Ketahui Hal ini

7. Menyusui bisa Membantu Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Menyusi dianggap paling mudah, ekonomis serta efisien sebab mampu mengecilkan perut dengan cepat. Menyusui tidak hanya baik untuk tingkatkan imunitas tubuh pada bayi, tetapi juga membantu proses pembakaran kalori terutama di 6 bulan awal sesudah melahirkan.

Kalori yang dibakar pada aktivitas menyusui cukup banyak, yaitu mencapai 700 kalori per harinya. Oleh sebab itu, aktivitas menyusui sangat dianjurkan untuk bunda yang baru saja melahirkan untuk mengembalikan tubuh ke bentuk semula. Tanpa disadari, aktivitas menyusui yang dilakukan dapat sekaligus digunakan sebagai cara mengecilkan perut setelah melahirkan tanpa korset.