Image : freepik

6 Akibat Buruk Kebanyakan Minum Kopi, Tidak Hanya Insomnia

Dampak kebanyakan minum kopi, sering- kali sering dilupakan oleh para pencintanya. Minuman yang sangat dekat dengan semua kalangan masyarakat itu, memang bermanfaat, bila diminum dengan cara baik dan tidak berlebihan. Tetapi, efek kebanyakan minum kopi, nyatanya sangat beresiko untuk kesehatan.

Sederet manfaat kopi di antara lain adalah meningkatkan energi, menunjang pembakaran lemak, berpotensi merendahkan resiko diabet tipe 2, sampai melindungi kesehatan kognitif, dari penyakit seperti Alzheimer sampai Demensia.

Segala suatu yang dikonsumsi berlebihan, berpotensi menimbulkan kerugian. Salah satunya kopi, minuman yang dapat dinikmati dalam kondisi panas ataupun dingin. Terlebih, disaat ini Kamu bisa dengan mudah menemui kopi susu yang nikmat, dan tidak mudah buat ditolak.

Kopi memang mempunyai banyak manfaat Tetapi, Kamu wajib tahu batasnya, supaya tidak mengalami dampak kurang baik terlalu banyak minum kopi. Apa saja dampak kebanyakan minum kopi, yang berbahaya itu?

1. Meningkatkan rasa cemas

Percayakah Kamu, bila kebanyakan minum kopi, dapat memunculkan kecemasan berlebih? Faktanya, suatu studi membuktikan, dampak kebanyakan minum kopi, mampu membuat seseorang merasa takut serta stres.

Dalam riset itu, sebesar 25 peminum kopi sejati menjadi responden serta diminta untuk komsumsi kopi dalam jumlah normal. Sementara itu, para responden yang lain, komsumsi obat plasebo. Sehabis itu, mereka dihadapkan dengan sebuah tes ataupun ujian yang amat menyulitkan. Hasilnya, partisipan yang meminum kopi, mempunyai tekanan darah lebih tinggi, memproduksi hormon stres lebih banyak, serta mengaku merasa stres, dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi obat plasebo( obat kosong tanpa zat aktif).

BACA JUGA  5 Kacang yang Membuat Kulit Anda Bersinar Secara Alami

2. Insomnia

Image Source : Freepik

Kopi memiliki kafein, yang dikenal dapat membuat tubuh berenergi dan tidak mengantuk, walaupun di malam hari. Tidak heran, efek kebanyakan minum kopi, dapat membuat Kamu hadapi gangguan tidur bernama insomnia. Tidur nyenyak pun, sulit buat didapatkan.

Beberapa riset telah membuktikan, jumlah kafein besar yang disantap, akan membuat Kamu sulit mengantuk. Tidak hanya itu, minum kopi kelewatan juga mengurangi jam tidur, khususnya pada orang lanjut usia( lansia).

Kamu dianjurkan untuk menghindari konsumsi kopi, disaat sore hari telah tiba. Karena, meminum kopi setelah sore hari, dianggap dapat mengganggu kualitas tidur.