image : freepik

10 Obat Sariawan Alami yang Ampuh untuk Dewasa serta Anak- Anak

sariawan merupakan luka ataupun infeksi di bibir dan dalam mulut yang bisa menimbulkan rasa sakit serta tidak nyaman. Sariawan sering kali dianggap sepele, tetapi bisa mengganggu disaat penderita tengah makan, minum, ataupun berbicara.

Sariawan umumnya tidak menular. Sariawan dapat dialami oleh semua orang, namun lebih sering dialami oleh wanita, remaja, serta anak- anak.

Apa saja pemicu sariawan?

sariawan merupakan luka kecil, dangkal, serta terasa perih yang timbul pada jaringan lunak dalam mulut, seperti pada dasar gusi, bawah lidah, ataupun sepanjang bagian rongga mulut.Sariawan dapat diakibatkan oleh salah satu ataupun kombinasi dari beberapa situasi berikut:

  • Cedera, seperti karena tergigit ataupun kesalahan dalam menggosok gigi
  • Infeksi jamur, virus, atau kuman di mulut atau di bagian tubuh lain
  • Penyakit autoimun, seperti lupus
  • Kondisi tertentu, seperti perubahan hormon, kekurangan nutrisi, tekanan pikiran, merokok, serta faktor genetik

Sariawan juga dapat lebih sering terjadi pada ibu hamil karna perubahan hormon selama kehamilan. kadang, sariawan dapat jadi menandakan adanya tumor ataupun kanker di mulut dan lidah. Situasi ini patut dicurigai bila sariawan yang timbul tidak kunjung membaik.

Berikut 10 Obat Sariawan Alami yang Ampuh untuk Dewasa serta Anak- Anak

1. Madu

Image : freepik

Salah satu khasiat madu yaitu sebagai obat sariawan alami yang cukup ampuh. Caranya adalah oleskan madu langsung di atas sariawan tersebut. madu mempunyai sifat antiradang serta antibakteri yang dapat menolong mengurangi rasa perih sekaligus mempercepat proses penyembuhan sariawan.

BACA JUGA  Diet Detox yang bisa menurunkan berat badan, simak ulasannya

2. Air garam

image : detik

Berkumur air garam sepanjang kurang lebih 1- 2 menit dapat Kamu manfaatkan sebagai obat alami menanggulangi sariawan. Hal ini karna garam mempunyai sifat antiradang serta antibakteri untuk menghindari sariawan Kamu bertumbuh makin parah.

Untuk membuat air air garam, cukup tambahkan satu setengah sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat. Aduk rata, kemudian kumur- kumur air di dalam mulut serta tidak boleh ditelan. Segera buang sesudah selesai serta bilas dengan minum air putih. Ulangi berkumur air garam beberapa kali dalam satu hari sampai sariawan terlihat mengecil.

3. Kelapa

Kelapa dipercayai mampu jadi obat sariawan alami di area lidah ataupun bibir. Kelapa bertugas mencegah infeksi luka semakin memburuk sekaligus mengurangi rasa sakit yang timbul dampak sariawan.

Metode menggunakan kelapa sebagai obat sariawan alami sebenarnya lumayan mudah. Campurkan madu dengan susu kelapa ataupun minyak kelapa, kemudian oleskan racikan tersebut di cedera sariawan Kamu. Ulangi sebesar 3- 4 kali dalam satu hari, hingga sariawan mulai tampak mengecil.

4. Kantung teh bekas

image : tribun

Mengompreskan kantung teh bekas juga dapat Kamu jadikan sebagai obat sariawan alami. Kantung teh yang bersifat basa bisa menetralisir area mulut yang asam sehingga tidak memperparah rasa sakit akibat sariawan tersebut.

Caranya juga cukup mudah karena cukup dengan menempelkan kantung teh celup sisa pakai selama kurang lebih 5 menit pada sariawan Kamu. Tidak hanya teh hitam umum, Kamu juga dapat memakai teh chamomile karena juga memiliki kandungan antiperadangan serta antioksidan.

5. Lidah buaya

image : freepik

Satu sariawan di lidah atau area yang lain bisa membuat semua mulut Kamu terasa tidak nyaman serta panas. Obat sariawan alami yang lain yang dapat Kamu manfaatkan adalah lidah buaya.

BACA JUGA  Rambut Rontok?, berikut macam macam treatment yang terbaik

Untuk itu, sediakan daun lidah buaya asli serta cuci hingga bersih. Setelah itu, oleskan getah ataupun daging lidah buaya seperlunya langsung pada sariawan Kamu. Biarkan selama beberapa jam serta ulangi 2 hingga 3 kali satu hari.