image : freepik

11 Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut dengan mudah

Sariawan, gusi bengkak, bau mulut, ataupun gigi berlubang merupakan beberapa contoh dari kesehatan mulut dan gigi yang kurang baik. Kesehatan mulut serta gigi yang kurang baik bisa menimbulkan berbagai komplikasi penyakit membahayakan. Lalu bagaimana melindungi kesehatan gigi serta mulut dengan baik?

Kuman pada mulut yang bisa membahayakan dikenal dengan sebutan mikrobiome oral. Kuman tersebut hidup di area pipi dalam, lidah, langit- langit, amandel, serta gusi. Bila area mulut terlalu asam, basah, serta kotor, kuman pemicu penyakit bisa bertumbuh dengan cepat.

Bukan cuma pada mulut, kuman bisa masuk ke aliran darah alhasil dapat berpindah ke jantung, usus, serta otak. Salah satu kuman beresiko yang dapat menimbulkan infeksi di badan merupakan Porphyromonas gingivalis yang termasuk kuman penyebab masalah gusi.

Suatu riset membuktikan kalau jumlah Pg pada otak pengidap alzheimer lebih besar dibanding otak orang yang sehat. Ini membuktikan kalau mikrobiome oral bisa berpindah ke otak serta menimbulkan infeksi.

Oleh sebab itu, Kamu wajib senantiasa menjaga kesehatan gigi serta mulut lewat kebiasaan sehari- hari.

Janganlah sikat gigi terlalu keras

Bila kamu menyikat gigi terlalu keras, gesekannya bisa merobek gusi serta mengikis enamel gigi yang relatif tipis. Akhirnya, gigi Kamu dapat menjadi lebih sensitif.

Tidak hanya itu, metode gosok gigi yang tidak benar bisa membuat plak gigi malah menumpuk serta mengeras yang dapat menimbulkan gingivitis (infeksi gusi). Menggosok gigi harus dilakukan secara halus dengan gerakan memutar serta memijat gigi dengan durasi sekitar 2 menit.

BACA JUGA  8 Sampah dapur ini bisa dimanfaatkan menjadi pupuk kompos organik

Gosok gigi secara rutin

Diambil dari Mayo Clinic, American Dental Association merekomendasikan untuk rutin menggosok gigi 2 kali dalam satu hari. Karena menggosok gigi berguna untuk membersihkan sisa makanan dan plak yang mengandung kuman didalamnya.

Diambil dari The American Dental Association, berikut metode menggosok gigi yang baik dan benar.

  1. Upayakan posisi sikat gigi terletak dalam sudut 45 derajat mengarah gusi
  2. Mulai gerakan gosok gigi ke depan dan belakang dengan cara perlahan
  3. Bersihkan bagian luar, dalam, serta permukaan gigi untuk mengunyah
  4. Maanfaatkan ujung sikat untuk membersihkan bagian dalam gigi depan

Tidak hanya menggosok gigi, Kamu juga direkomendasikan untuk menggosok lidah demi melenyapkan bakteri atau plak yang melekat pada lidah dan melindungi kesehatan gigi mulut secara utuh.

Maanfaatkan pasta gigi berfluorida

image : klikdoter

Fluorida merupakan faktor alami yang bisa Kamu temui dalam kandungan pasta gigi.

Fluorida diserap badan kemudian digunakan oleh sel- sel yang membangun gigi Kamu dalam menguatkan enamel gigi. Fluorida pula merupakan pertahanan utama terhadap kerusakan gigi yang bertindak dengan cara melawan bakteri serta memberikan perlindungan alami untuk gigi Kamu.

Memakai benang gigi

image : freepik

Bila Kamu tidak sempat menggosok gigi sesudah makan, Kamu dapat menghindari terjadinya sakit gigi dengan memakai benang gigi. Benang gigi sanggup membersihkan partikel dan plak yang terabaikan dan masih menumpuk karena tidak mudah dijangkau.

Memakai obat kumur ataupun berkumur dengan air garam

image : freepik

Selain mengusir bau mulut, obat kumur juga bisa diandalkan untuk mencegah sakit gigi. Kandungan di dalam obat kumur diklaim sanggup mengontrol perkembangan bakteri sekaligus mengurangi plak yang sedang menempel.

Tidak hanya berkumur dengan obat kumur, Kamu juga dapat menggunakan cara alami untuk mencegah sakit gigi, yakni dengan teratur berkumur memakai air larutan garam. Air disinfektan alami pada garam juga bisa memulihkan luka dan meredakan sakit kerongkongan.

BACA JUGA  4 Tips penting mengatasi anak tidak suka nasi