image : freepik

6 Manfaat Kopi tanpa gula dan khasiatnya untuk tubuh

Kopi menjadi satu jenis minuman yang banyak disukai oleh masyarakat dari berbagai belahan dunia. Minuman yang berasal dari biji tumbuhan ini dapat disajikan dalam jenis dingin ataupun panas, dapat dicampur dengan bermacam bahan lain seperti susu serta gula, dapat pula dihidangkan begitu saja hanya butuh diseduh.

Kopi ini banyak disebut sebagai black coffee, ataupun kopi yang dihidangkan tanpa gula. Walaupun banyak opsi menu kopi yang dihidangkan dengan beraneka ragam bahan sehingga terlihat menarik serta menggoda, kopi hitam nyatanya patut untuk dipertimbangkan.

1. Membantu menurunkan berat badan

Khasiat kopi hitam tanpa gula dapat membantu mengurangi berat badan. Minum 4 cangkir kopi gelap setiap hari bisa mengurangi lemak badan sekitar 4%, menurut sebuah riset oleh Harvard T. H. Chan School of Public Health.

Kopi hitam membantu dalam meningkatkan metabolisme serta mempercepat sistem pembakaran lemak. Kenyataannya, Departemen Pertanian Amerika Serikat( United States Department of Agriculture atau USDA) memaparkan, satu cangkir kopi hitam yang diseduh dari biji giling memiliki 2 kalori.

Bila 4 cangkir sangat banyak, opsi lain adalah satu sampai 3 cangkir kopi hitam. Jumlah itu bisa meningkatkan metabolisme tubuh alhasil cukup untuk membakar sampai 150 kalori sehari, menurut sebuah riset oleh Kings College University di London.

2. Kurangi resiko penyakit demensia

Minum kopi hitam tanpa gula sebanyak 3 hingga 5 cangkir per hari pada umur catok baya dikaitkan dengan penurunan resiko demensia sekitar 65% pada usia lanjut.

Riset ini dipublikasikan dalam“ Journal of Alzheimers Disease”. Demensia didefinisikan sebagai gangguan kemampuan untuk mengingat, berpikir, ataupun membuat keputusan dalam aktivitas sehari- hari.

BACA JUGA  8 manfaat utama jus lidah buaya

Isi kafein dalam kopi hitam dapat menambah produksi faktor perangsang koloni granulosit yang menunjang otak agar terhindar dari penyakit demensia.

3. Merendahkan resiko penyakit Alzheimer

Suatu riset yang dipimpin oleh Dokter. Abhishek Mohan di Old Dominion University di Norfolk, Virginia menyimpulkan kalau kopi hitam tanpa gula bisa mengurangi kandungan protein beta amiloid sebesar 50%.

Protein itu merupakan tipe destruktif yang ditemui di otak pengidap Alzheimer. Pada penyakit Alzheimer, sel- sel otak yang memproses, menyimpan, serta mengambil informasi merosot dan mati. Kafein dalam kopi hitam bisa membantu untuk membersihkan tubuh dari beta amiloid alhasil mengurangi resiko penyakit Alzheimer.

image : freepik

4. Menghindari penyakit kardiovaskular

Penelitian dalam“ European Journal of Nutrition” membuktikan kalau asam klorogenat( chlorogenic acids) dalam kopi hitam bisa mengurangi beberapa faktor resiko penyakit kardiovaskular.

Mengkonsumsi asam klorogenat melalui kopi hitam tanpa gula bisa kurangi resiko darah tinggi, aterosklerosis, serta gagal jantung. Dikutip dari healthfully. com, ilmuwan makanan Jane Higdon, Ph. menerangkan, segelas kopi hitam memiliki sekitar 70 miligram sampai 350 miligram asam klorogenat. Biji kopi Robusta umumnya memiliki kandungan asam klorogenat yang lebih besar dari biji kopi Arabika.

5. Tingkatkan kekebalan

tubuh Kopi hitam tanpa gula mengandung kafein yang berpotensi untuk meningkatkan imunitas badan. Kefein berperan sebagai imunomodulator, ialah zat yang bisa membantu mendukung fungsi imunitas tubuh dengan memodifikasi respons terhadap ancaman.

Menurut ulasan yang diterbitkan pada tahun 2006 dalam jurnal“ Pharmacology& Therapeutics”, kafein berpotensi mempunyai dampak positif pada penderita dengan penyakit inflamasi parah, seperti arthritis serta psoriasis.

Sekitar 3 hingga 4 cangkir( 250ml) kopi hitam yang diseduh ialah jumlah yang aman untuk orang berusia yang segar. Sebaliknya anak muda berumur 18 tahun ke bawah tidak bisa komsumsi lebih dari satu cangkir kopi( 100 mg kafein) sehari.

BACA JUGA  Jangan Sampai Melewatkan 7 Minuman Sehat Penurun Berat Badan Berikut Ini

6. Melancarkan buang air besar

Suatu riset yang diterbitkan pada tahun 2006 dalam” European Journal of Clinical Nutrition” menemukan, perempuan yang minum kopi cenderung tidak mengalami sembelit.

Mengutip Healthline, Lauri Wright, Ph. D mengonfirmasi, kopi hitam tanpa gula bisa melancarkan buang air besar.“ Kopi merangsang pergerakan otot- otot di usus besar yang mendorong peristaltik, alhasil menyebabkan buang air besar. Kopi sudah terbukti merangsang motilitas di saluran pencernaan sehingga meningkatkan sistem pencernaan serta ekskresi,” kata Lauri Wright, Ph. D seperti dikutip dari healthline. com.