image : liputan6

8 Sampah dapur ini bisa dimanfaatkan menjadi pupuk kompos organik

Membuat kompos merupakan cara baik untuk mendaur ulang sampah dapur serta memperbaiki tanah kebun secara gratis. Tetapi, tidak semua orang mempunyai ruang yang dibutuhkan untuk mengomposkan tanah. Belum lagi kemungkinan sampah diacak- acak binatang peliharaan.

Dan ternyata, untuk memupuk tanah, tidak harus memakai pupuk kompos tanah bisa menggunakan limbah sampah dapur yang terdapat di rumah. Mendaur ulang sampah dan membuatnya jadi kompos merupakan metode yang sangat pas untuk memperbaiki tanah dikebun kalian menjadi lebih subur.

Sayangnya, mayoritas orang tidak mempunyai lahan yang cukup buat membuat kompos tanah. Untuk memupuk tanah tidak perlu memakai pupuk kompos tanah. Kalian bisa menggunakan limbah sampah dapur.

  1. Pisang

Salah satu sampah dapur yang dapat digunakan merupakan kulit pisang. Kalium yang ada pada kulit pisang ini, dapat digunakan untuk membantu menyuburkan tumbuhan serta mempercepat perkembangan tumbuhan.

Menambahkan kulit pisang merupakan cara lain untuk memperbaiki kualitas tanah. Kulit pisang bisa ditambahkan langsung ke tanah setelah dicacah jadi potongan- potongan yang amat kecil karena akan terurai lebih cepat serta menawarkan semua mikro-organisme di tanah lebih banyak.

Kulit pisang menciptakan banyak bahan organik baru, menciptakan tanah yang ringan, kering dan subur karena banyak cacing.

Kulit pisang yang terurai menghasilkan nutrisi, kalsium, magnesium, sulfur, fosfat, kalium serta natrium, yang semuanya membantu tumbuhan berkembang dengan bagus dan mengembangkan buahnya.

Cara menggunakan : langsung campurkan ke dalam media tanah tumbuhan

image : freepik
  1. Ampas Kopi

Ampas kopi kerap kali dijadikan sebagai pengharum ruangan, sebab dapat menetralkan aroma ruangan. Tetapi endapan kopi ini dapat dijadikan sebagai penyubur tanaman yang membantu proses pengasaman tumbuhan, seperti blueberry, mawar serta tomat.

BACA JUGA  4 tips penting untuk mencegah Diabetes

Cara menggunakan :  Serbuk kopi dapat ditambahkan langsung ke tanah. Bertindak sebagai pupuk umum, menambahkan materi organik, meningkatkan drainase, retensi air serta aerasi tanah.

Pada saat bercampur dengan tanah, ampas kopi akan terus menambahkan nitrogen yang sangat baik untuk perkembangan tumbuhan.

Serbuk kopi bekas tidak akan mempengaruhi tingkatan PH tanah kecuali digunakan dalam jumlah yang sangat terpusat.

Tetapi, serbuk kopi yang belum digunakan selalu jadi opsi bagus untuk tumbuhan yang memerlukan asam.

Jangan cemas jika ampas kopi nampak sedikit berjamur. Hal ini merupakan bagian dari proses pemecahan yang alami dan indikasi jika itu berfungsi. Bila kalian bukan peminum kopi, kantong teh juga baik untuk tanah loh.

  1. Cangkang Telur

Usahakan janganlah membuang cangkang telur, setelah memecah telur. Sebab cangkang telur ini dapat dijadika sebagai basis kalsium untuk tumbuhan. Cangkang telur ini juga dapat menolong menghindari pembusukan pada tumbuhan.

Cara menggunakan : Bilas kulit telur( ayam, bebek, puyuh maupun apa pun) yang sudah tidak terpakai. Biarkan mengering sepanjang beberapa hari dalam mangkuk di ambang jendela yang cerah.

Dapat pula menghindari pembusukan pada tomat serta tumbuhan semacam labu. Bisa menghindari keong serta keong di dekat tumbuhan.

Kulit telur yang kering akan segera hancur disaat akan ditambahkan ke tanah. Perlu tahu jika kulit cangkang yang hancur dapat memperbaiki drainase serta penambahan kalsium yang amat bagus untuk mendorong perkembangan tanaman.

Sebarkan cangkang telur yang telah dihancurkan di dekat benih muda untuk mengusir hama- hama itu.

Bila kalian mempunyai mesin penggiling kopi ataupun pengolah makanan atau food processor, akan mempermudah menghancurkan kulit telur.

  1. Kulit Bawang

Sering kali dibuang, tetapi nyatanya kulit bawang mempunyai banyak khasiat untuk menyuburkan tumbuhan. Karena kalsium, potasium serta magnesium, yang dapat menunjang menyehatkan tumbuhan.

BACA JUGA  7 aplikasi edit foto kekinian versi selebgram.

Cara menggunakan : Rendam kulit bawang semalam, dan gunakan airnya untuk menyiram tanaman

  1. Ampas Teh

Ampas teh mempunyai kandungan nitrat, yang mudah diserap oleh tanah serta tumbuhan, untuk membantu menyuburkan tanah serta menyehatkan tumbuhan.

Cara menggunakan : Cara menggunakannya adalah langsung sebarkan ampas teh kedalam tanah

  1. Ampas Kelapa

Ampas kelapa merupakan sisa limbah dari kelapa untuk membuat santan. Ampas kelapa ini mempunyai manfaat yang mengandung protein dan lemak, yang dapat membantu membuat tumbuhan cepat berkembang serta berbuah

Cara menggunakan : Campurkan ampas kelapa ke dalam media tanah tumbuhan tersebut

  1. Air Cucian Beras

Air cucian beras mempunyai kandungan nitrogen, potasium serta phosphorus, yang dapat membantu menyuburkan tumbuhan. Air cucian beras ini juga dapat dipakai untuk membasuh wajah, untuk menghindari penuaan dini.

Cara menggunakan : Pakai langsung dan siramkan ke tanaman agar cepat berkembang atau berbuah

  1. Potongan Sayur

Potongan sayur yang tersisa juga dapat dijadikan sebagai penyubur tanaman. Sebab sayuran hijau mempunyai kandungan antioksidan, yang dapat menghindari penyakit yang timbul di tanaman.

Cara menggunakan : Satukan semua potongan sayuran dan campurkan ke dalam media tanah tumbuhan

 

Semoga bermanfaat