image : Freepik

5 Tips Pencegahan penyakit jantung koroner

Salah satu jenis penyakit jantung yang mematikan adalah penyakit jantung koroner. Tidak hanya dapat membahayakan nyawa, penyakit jantung yang satu ini juga termasuk salah satu pemicu penting serangan jantung. Maka dari itu, daripada harus mengobati serta menanggulangi serangan jantung, lebih baik menjalankan cara menghindari penyakit jantung, termasuk serangan jantung dan jantung koroner.

Berikut 5 Tips Pencegahan penyakit jantung koroner

1. Mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang

Tingkatkan konsumsi makanan berserat tinggi, seperti buah- buahan serta sayuran. Yakinkan juga kandungan garam dalam makanan tidak melampaui satu sendok teh per hari.

Jauhi makanan yang tinggi kolesterol, terutama bila kandungan LDL Kamu lumayan tinggi. Makanan tinggi gula juga harus dijauhi sebab bisa meningkatkan resiko diabetes, salah satu aspek resiko penyakit jantung koroner.

Sebaliknya, tingkatkan kandungan kolesterol baik, atau HDL, dengan meningkatkan mengkonsumsi makanan tinggi lemak tidak jenuh. Tipe makanan itu antara lain minyak ikan, minyak zaitun, minyak bunga mentari, minyak sayur, dan alpukat serta kacang- kacangan.

2. Melakukan olahraga rutin

Diet sehat yang dipadukan dengan olahraga teratur bisa melindungi berat badan ideal. Tidak hanya itu, olahraga teratur bisa merendahkan kandungan kolesterol serta melindungi tekanan darah tetap normal.

Sempatkan durasi untuk olahraga minimal 150 menit dalam seminggu, seperti jogging, berolahraga, atau berenang. Untuk mereka yang berisiko terserang penyakit jantung koroner, bicarakan dulu dengan dokter mengenai jenis serta lama olahraga yang tepat.

BACA JUGA  Covid 19 Belum Berakhir Jangan lepas masker ditempat umum
image : freepik

3. Jauhi kebiasaan merokok

Salah satu metode mencegah penyakit jantung koroner merupakan menghindari kebiasaan merokok. Ya, kebiasaan merokok mempunyai dampak terhadap kesehatan jantung Kamu.

Salah satu kandungan di dalam rokok yang bisa membahayakan kesehatan merupakan nikotin. Kandungan rokok yang satu ini bisa meningkatkan tekanan darah, yaitu salah satu aspek risiko dari penyakit jantung koroner.

Tidak cuma berbahaya bagi diri sendiri, merokok juga beresiko untuk orang di sekitar. Pasalnya, disaat orang lain yang tidak merokok menghisap asap rokok, mereka akan tetap jadi perokok pasif serta tetap merasakan dampaknya.

Kerutinan merokok bisa meningkatkan resiko Kamu hadapi aterosklerosis, yaitu penyempitan pembuluh darah akibat menumpuknya plak pada pembuluh darah arteri.

Maka itu, salah satu pencegahan yang dapat Kamu jalani terhadap penyakit jantung koroner yaitu tidak merokok. Bila Kamu sudah terlanjur melakukan kebiasaan ini, Kamu dapat melakukan upaya pencegahan jantung koroner dengan menghentikan kebiaasan ini.

Berhenti merokok memanglah bukan perkara mudah, tetapi selama didampingi dengan niat yang kuat, lama- kelamaan Kamu akan terbiasa serta bisa betul- betul berhenti dari kebiasaan yang tidak bagus buat kesehatan secara menyeluruh.

4. Melindungi tekanan darah tetap normal

Kamu dapat melaksanakan pencegahan terhadap penyakit jantung koroner dengan menjaga tekanan darah Kamu supaya tidak meningkat. Hal ini dikarenakan tekanan darah tinggi termasuk faktor resiko dari penyakit jantung koroner.

Cara menghindari penyakit jantung koroner bisa dicoba dengan terus menekan tekanan darah supaya tetap pada nilai normal. Hal ini dapat Kamu jalani dengan mengadopsi pola makan sehat. Sebagai ilustrasi, komsumsi makanan rendah lemak jenuh serta tingkatkan kebiasaan berolahraga.

Apalagi, jika perlu, Kamu dapat komsumsi obat- obatan yang bisa membantu merendahkan tekanan darah. Tekanan darah Kamu berada pada batas wajar bila berada di bawah 140/ 90 mmHg. Jika tekanan darah Kamu berada pada nilai itu, Kamu dianggap memiliki tekanan darah tinggi.

BACA JUGA  8 makanan penambah stamina agar bisa fit sepanjang hari

Maka itu, untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit jantung koroner, periksakan tekanan darah secara teratur ke dokter.

5. Mengendalikan kadar gula darah normal

Tidak hanya menjaga tekanan darah, pencegahan kepada penyakit jantung koroner bisa dilakukan dengan menjaga kandungan gula di dalam darah. Resiko Kamu mengalami penyakit jantung koroner akan jauh lebih tinggi jika Kamu juga mempunyai diabetes.

Maka itu, cara ampuh menghindari terjadinya jantung koroner yaitu mengendalikan kadar gula darah. Kamu dapat melakukannya dengan aktif bergerak serta berolahraga, menurunkan berat badan, serta menurunkan tekanan darah. Ya, menjaga tekanan darah agar tetap wajar berpengaruh kepada kadar gula di dalam darah.

Seperti yang sudah disebutkan, tekanan darah Kamu dianggap wajar bila berada di bawah 140/ 90 mmHg. Tetapi, jika Kamu mempunyai diabetes, tekanan darah Kamu sebaiknya berada di bawah angka 130/ 80 mmHg.

 

Itulah 5 Tips Pencegahan penyakit jantung koroner, semoga bermanfaat