Pentingnya Vaksin Covid Untuk Anak

Vaksinasi dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi akibat hebat dari infeksi suatu virus. Tubuh akan mengidentifikasi suatu virus yang bermula dari vaksin, sehingga pada saat terkena nantinya, badan dapat merespon cepat dengan memberi imunitas dari akibat virus. Virus juga tidak memandang usia, sebab dapat menyerang baik dewasa apalagi anak- anak

Begitu pula dengan COVID- 19 yang sedang mewabah di Indonesia. Vaksinasi juga terus digencarkan dari dosis satu sampai Booster, dan bahkan saat ini vaksinasi COVID- 19 juga mulai digencarkan untuk anak. Pasalnya berdasarkan informasi dari Kementerian Kesehatan, sampai 20 Januari 2022, 1- 2 dari 10 orang yang terjangkit COVID- 19 di Indonesia merupakan anak- anak. Informasi itu membuktikan kalau resiko penularan COVID- 19 bisa terjadi di seluruh golongan usia tanpa kecuali, termasuk anak- anak. Perlu diketahui kalau manusia mempunyai hak untuk hidup sehat, baik anak- anak ataupun dewasa. Oleh sebab itu anak- anak juga butuh buat divaksinasi

Amankah Vaksin Untuk Anak?

Pasti nyaman, mengapa? Program vaksin apapun termasuk vaksin COVID- 19 dalam program Pemerintah terkait imunisasi anak, telah dipastikan lewat uji klinis serta diberikan izin pemakaian oleh BPOM sampai penerapannya hingga saat ini.

Khasiat vaksin untuk anak

Program vaksinasi Covid- 19 diklaim amat penting karena mempunyai banyak khasiat. Sebagai perlindungan lebih, seharusnya semua orangtua mengharuskan si buah batin mengikuti program vaksinasi. Salah satu dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro( Undip) Farid Agung Rahmadi berkata kalau manfaat vaksin tidak cuma buat tubuh anak sendiri, namun pula buat keluarga terdekat serta lingkungan di sekitarnya. Terlebih, mengingat anak juga dapat terpapar virus SARS- CoV- 2 serta menularkan ke semua anggota rumahnya meski anak sendiri tidak bergejala apapun. Dikutip Kompas. com,

BACA JUGA  Mempertahankan postur tubuh yang baik dan ideal bukan hal yang sulit loh !!

berikut sebagian manfaat vaksinasi Covid- 19 untuk anak umur 6- 11 tahun

1. Menambah daya tahan tubuh spesifik anak terhadap infeksi Covid- 19. Dengan vaksinasi, diharapkan anak yang terserang Covid- 19 tidak mengalami gejala berat serta beresiko.

2. Memperkecil kesempatan transmisi penularan penyakit Covid- 19 dari anak ke orangtua, keluarga, atau lingkungan di sekitar anak.

3. Mempercepat timbulnya herd immunity ataupun kekebalan komunal.

Yang Dilakukan Pada saat Anak Hadapi Keluhan Pasca Vaksinasi

Biasa disebut dengan KIPI, yakni gejala medis yang bisa terjadi setelah vaksinasi atau imunisasi yang diprediksi terkait dengan vaksinasi atau imunisasi yang diberikan. Respon yang timbul sesudah pemberian vaksinasi COVID- 19 merupakan suatu yang wajar, sebagai wujud respon badan kepada vaksin yang disuntikkan. Tetapi perlu diketahui bila tidak semua orang yang divaksinasi COVID- 19 mengalami reaksi ataupun Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi( KIPI).

Umumnya, reaksi terinfeksi yang timbul setelah vaksinasi jauh lebih ringan dibanding terserang COVID- 19 ataupun komplikasi yang diakibatkan oleh virus COVID- 19. Serta butuh digarisbawahi dan diketahui, bila telah divaksin, juga tetap menjalankan protokol kesehatan( 6M) untuk keluar dari pandemi.

Efek Samping Vaksinasi COVID- 19 Pada Anak

Terdapat 2 tipe efek samping yang bisa jadi akan terjadi setelah vaksinasi COVID- 19 pada anak, mencakup

Sistematik

  • Batuk
  • Sakit kepala
  • Rendahnya selera makan
  • Diare
  • Muntah
  • Erupsi kulit serta selaput lendir
  • Nyeri otot
  • Lemas
  • hipersensitivitas

Lokal

  • Nyeri lokal
  • Bengkak
  • Pengerasan
  • Kemerahan
  • Gatal
  • Demam

Apa Yang Harus Dilakukan?

Bila anak terlihat tidak merasa nyaman, maka hendaknya beristirahat. Tidak hanya itu, bila mulai terasa demam, dapat mengonsumsi obat penurun panas sesuai dosis yang direkomendasikan dan konsumsi air putih yang cukup. Bila ada rasa nyeri di tempat suntikan, tetap gerakkan serta jalani kegiatan seperti biasa. Kompres bagian yang nyeri, dengan kain bersih yang dibasahi dengan air dingin.

BACA JUGA  Waspada, Muncul lagi Varian baru Covid 19

Tetapi, bila terjadi demam tinggi setelah 48 jam seusai vaksinasi, segeralah isolasi mandiri serta jalani tes COVID- 19. Dan bila keluhan tidak juga berkurang, dapat menghubungi Fasilitas Kesehatan terdekat untuk penindakan lebih lanjut. Stay safe, tetap jalani protokol kesehatan