image : pinterest

9 Manfaat Timun Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat mentimun atau timun untuk kesehatan tubuh memang telah tidak diragukan lagi. Tidak hanya bagus untuk menghindari dehidrasi, buah yang sering dikira sebagai sayuran ini juga berguna untuk kesehatan kulit, membantu pencernaan, serta menunjang keberhasilan nutrisi.

Khasiat mentimun untuk kesehatan bersumber dari antioksidan serta bermacam nutrisi yang terkandung di dalamnya, seperti protein, karbohidrat, vitamin serta mineral. Tidak hanya itu, mentimun juga rendah kalori tetapi lumayan tinggi kandungan air dan seratnya.

Berikut 9 Khasiat Timun Untuk Kesehatan Tubuh dan uraiannya yang penting untuk Kamu pahami:

  1. Mencegah Dehidrasi

Untuk memenuhi kebutuhan cairan badan serta menghindari dehidrasi, sebaiknya minum air putih sekitar 7- 8 gelas per hari. Tetapi, bila Kamu bosan dengan air putih, Kamu dapat memasukkan potongan mentimun ataupun buah yang lain ke dalam air untuk membuat infused water. Hal ini membuat air minum lebih fresh serta bergizi.

  1. Mengusir Radikal Bebas

Antioksidan dalam mentimun, seperti flavonoid, lutein, zeaxanthin serta tanin, bisa menghindari dan melawan dampak radikal bebas yang mengganggu sel- sel badan. Senyawa ini juga berfungsi penting dalam menghindari terbentuknya bermacam penyakit, seperti penyakit jantung, diabet, radang sendi serta penyakit Alzheimer.

  1. Melancarkan Pencernaan

Kandungan air dan serat yang tinggi membuat mentimun berguna untuk menghindari dan menanggulangi wasir. Kamu dapat makan mentimun serta buah- buahan serta sayuran yang lain jika Kamu kesulitan buang air besar

  1. Membantu menurunkan berat badan

Bila Kamu sedang berupaya menurunkan berat badan, mulai saat ini, cobalah kurangi konsumsi kalori, lemak, serta gula yang banyak, seperti santapan siap saji, minuman bungkusan, es krim, serta minuman bersoda. Untuk mendukung keberhasilan program diet Kamu, konsumsi lah makanan rendah kalori, seperti mentimun.

BACA JUGA  Ingin Turun Berat Badan? Wajib Ketahui Hal ini

Serat dalam mentimun juga dapat membuat Kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga lebih gampang untuk mengontrol nafsu makan.

  1. Melindungi Kesehatan Kulit

Konsumsi mentimun sangat bagus untuk memenuhi asupan cairan, mineral, vitamin serta antioksidan untuk melindungi kelembapan serta kesehatan kulit. Tidak hanya itu, mentimun juga bisa dipakai sebagai masker kulit alami untuk menanggulangi kulit kering, iritasi kulit dan kulit terbakar akibat terbakar cahaya matahari.

  1. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Riset membuktikan kalau asupan antioksidan yang besar bisa mengurangi resiko seseorang terserang beberapa jenis kanker, semacam kanker prostat, kanker payudara, kanker rahim, serta kanker usus besar.

Khasiat mentimun untuk menghindari kanker yaitu karena kandungan antioksidan cucurbitacin, lignan serta flavonoid di dalamnya yang bisa menghindari perkembangan sel kanker.

  1. Melindungi Kesehatan Tulang

Manfaat mentimun berikutnya yang tidak kalah berarti yaitu melindungi kesehatan tulang. Penelitian membuktikan kalau vitamin K dan kalsium dalam mentimun bisa meningkatkan kepadatan tulang serta menghindari osteoporosis.

  1. Menghindari penyakit kardiovaskular

The American Heart Association mengatakan bahwa serat bisa membantu mengendalikan kolesterol dan menghindari penyakit kardiovaskular. Mentimun yang tidak dikupas yang berdimensi 142 gr menyediakan 193 mg kalium serta 17 miligram magnesium. The Dietary Guidelines merekomendasikan agar orang berusia mengonsumsi 4. 700 mg potasium tiap hari serta 310- 410 miligram manesium.

  1. Menghindari penyakit diabetes

Mentimun mempunyai manfaat potensial untuk mengendalikan dan menghindari penyakit diabet. Alasannya, mentimun memiliki zat yang menolong menurunkan gula darah ataupun menghentikan gula darah supaya tidak melambung tinggi. Cucurbitacin dalam mentimun diyakini mampuu membantu mengatur pembebasan insulin dan metabolisme glikogen hati, hormon kunci dalam pemrosesan gula darah. Tidak hanya itu, serat dalam mentimun bisa membantu menghindari dan mengelola diabetes jenis 2. Indeks glikemik mentimun juga rendah alhasil aman untuk kadar gula darah.

BACA JUGA  Tips Makan Sehat Anak Kos, mulai dari memperbanyak sayuran sampai menghindari makanan instan