image : Pinterest

14 Fakta Unik Mata Manusia yang Jarang Diketahui

Manusia dilahirkan oleh Tuhan dengan seluruh kesempurnaan nya. Manusia memiliki organ tubuh dengan fungsinya masing- masing serta tanpa kita sadari banyak organ tubuh yang bertugas secara otomatis seperti jantung, ginjal, hati, serta beberapa organ lainnya.

Salah satu organ tubuh manusia yang amat penting yaitu mata. Tanpa mata, orang akan mengalami kesulitan dalam menjalani kehidupan sehari- hari. Tidak hanya fungsinya yang vital, nyatanya banyak fakta unik tentang mata. Apakah kamu tahu kalau rata- rata orang berkedip sebanyak 15 sampai 20 kali per menit? Apakah kamu juga tau kalau warna mata manusia ada yang berwarna merah?

Jika kita pelajari lebih dalam lagi, banyak fakta menarik serta unik dari organ mata. berikut ini merupakan 14 Fakta Unik Mata Manusia yang Jarang Diketahui.

 

  1. Saat dilahirkan, semua bayi buta warna. Dibutuhkan proses perkembangan sekitar 1 tahun untuk bayi dapat memandang warna. Pada umur 7 tahun mata kita baru sepenuhnya bertumbuh secara fisiologis.

 

  1. Berat bola mata orang adalah separuh dari berat bola golf,

 

  1. Mata berkedip sekitar 15. 000 kali tiap hari. Berkedip ialah fungsi mata yang dilakukan secara otomatis maupun disengaja. Mengedip dilakukan untuk membantu melenyapkan kotoran yang masuk ke mata.

 

  1. Nyaris 80% informasi yang masuk ke otak kita yaitu melalui indera penglihatan( mata)

 

  1. Kemampuan lensa mata memfokuskan cahaya jauh lebih cepat dibanding lensa kamera apa pun.

 

  1. Mata sanggup melihat sekitar 10 Juta warna berlainan, Mata orang sanggup melihat warna pada spektrum antara sinar ultraviolet dan merah. Apalagi banyak ilmuwan yang beranggapan kalau mata orang sanggup melihat jauh lebih banyak warna dari warna pelangi.
BACA JUGA  9 percakapan WA yang lucu bikin ngakak

 

  1. Air mata nyatanya bukan hanya berisi air, namun terdiri dari lemak, lendir serta air. Tidak hanya itu juga memiliki enzim dan antibodi untuk melawan infeksi. Air mata berperan sebagai pelumas bola mata ketika kering.

 

  1. Menurut hasil penelitian, bila dirata- rata, perempuan menangis sebanyak 47 kali dalam setahun sebaliknya pria menangis hanya 7 kali satu tahun. Ini disebabkan karena saluran air mata pada pria memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan pada perempuan.

 

  1. Menurut penelitian, orang membaca 25% lebih lambat pada layar komputer daripada dicetak di kertas.

 

  1. Buta warna merupakan suatu kelainan yang disebabkan ketidakmampuan sel- sel kerucut( Cone cell) mata untuk menangkap suatu spektrum warna tertentu dampak kerusakan genetis.

 

  1. mata berhenti tumbuh pada saat kita mencapai umur 19 tahun. Dengan begitu, ukuran mata kita mulai dari umur 19 tahun akan selalu sama hingga akhir usia kita.

 

  1. Otot mata adalah otot tercepat di tubuh kita, sering mendengar istilah“ sekejap mata” untuk ungkapan betapa cepatnya sesuatu peristiwa terjadi. Pernyataan itu bukan tanpa alasan, ada sebab ilmiah kenapa ungkapan itu ada. Pada kenyataannya, untuk satu kali berkedip, mata hanya membutuhkan waktu kurang lebih 100 sampai 15 milidetik.

 

  1. Tidak hanya sidik jari, disaat ini iris mata juga dapat dijadikan subjek untuk mengenali suatu orang. Pada faktanya, iris mata mempunyai lebih banyak karakter unik dibanding dengan sidik jari. Jika pada sidik jari mempunyai 40 karakteristik unik, maka pada iris mata mempunyai 256 karakter istimewa. Hal ini membuat suatu individu sulit tertukar bila identifikasi dilakukan berdasarkan iris mata

 

  1. gambar sesuatu objek yang ditangkap oleh mata sebenarnya dalam posisi terbalik. Secara teknis, lensa mata menangkap gambar suatu subjek dengan posisi terbalik pada retina. Selanjutnya otak menerjemahkan gambar tersebut sebagai posisi yang benar( tidak terbalik) dengan menggunakan koreksi vestibular.
BACA JUGA  4 hewan yang memiliki bentuk dan interaksi aneh, apa saja ?