Image Source : Freepik

Turun sampai 8 Kg dalam 1 bulan dengan Crash Diet, Bagaimana caranya ?

penulis Citraberita.com

Obesitas adalah masalah global dan beberapa program penurunan berat badan telah muncul dalam beberapa tahun terakhir. Diet merupakan faktor penting dalam mengelola kesehatan dan oleh karena itu mungkin berguna untuk mengubah kebiasaan makan untuk mengontrol berat badan. Berbagai jenis diet penurunan berat badan diikuti oleh beberapa di seluruh dunia. Diantaranya adalah diet slimming ekstrim (Crash Diet) yang membantu menurunkan berat badan dengan cepat dalam waktu singkat. Crash dietseperti itu memiliki kelebihan dan kekurangan.

Crash diet membatasi kalori ke tingkat yang sangat rendah. Diet mungkin rendah karbohidrat atau lemak dan memiliki komposisi nutrisi yang tidak seimbang.

Image Source : Freepik

Apa manfaat kesehatan dari crash diet?

Crash diet telah menjadi sorotan karena pengaruhnya terhadap berat badan. Crash diet sangat membatasi asupan makanan, yang menunjukkan penurunan berat badan yang cepat dalam rentang waktu yang singkat. Bagi orang yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat, crash diet akan menjadi pilihan terbaik mereka.

Crash diet telah terbukti membantu dalam menurunkan kadar hemoglobin A1c (HbA1c) dan berpotensi membalikkan diabetes pada orang yang baru didiagnosis. Dalam satu penelitian mereka memberi makan makanan yang terdiri dari sekitar 850 kalori per hari selama tiga bulan dan beralih ke diet makronutrien terstruktur normal. Sekitar 24% dari kelompok intervensi menunjukkan penurunan berat badan 15 kg dan sekitar 46% memiliki kadar HbA1c di bawah 6,5%. Namun, mengetahui apakah ini bisa berkelanjutan membutuhkan studi jangka panjang.

Image Source : Freepik

Apa efek samping dari crash diet?

Mengikuti rencana crash diet dapat menyebabkan berbagai risiko kesehatan. Karena kerangka waktunya singkat untuk crash diet, diet ini mudah diikuti dibandingkan dengan diet lainnya. Tapi sama seperti durasi diet, hasilnya juga bisa berumur pendek. Keberlanjutan penurunan berat badan adalah pertanyaan besar dan tergantung pada gaya hidup individu setelah periode diet.

BACA JUGA  Cara Sehat agar Berat Badan Turun drastis

Menurunkan berat badan dengan cepat dapat meningkatkan kemungkinan pembentukan batu empedu. Sekitar 25% orang yang makan terlalu sedikit kalori untuk menurunkan berat badan mengembangkan batu empedu. Program penurunan berat badan yang cepat seperti itu dapat menyebabkan kembalinya berat badan yang hilang, yang dapat memicu pembentukan batu empedu.

Kekurangan nutrisi adalah efek samping yang paling mengkhawatirkan dari mengikuti rencana makan diet yang ketat. Karena dietnya termasuk makanan rendah kalori, memenuhi kecukupan nutrisi itu menantang. Satu studi juga melaporkan anemia berat setelah mengikuti crash diet. Makanan adalah sumber nutrisi esensial terbaik. Membatasi makanan untuk mencapai penurunan berat badan akan membuat Anda kehilangan nutrisi penting dan memiliki efek merugikan pada kesehatan Anda.

Penurunan berat badan yang cepat juga berpotensi menyebabkan hilangnya massa tubuh tanpa lemak. Diet rendah kalori dapat menyebabkan hilangnya sekitar 25% massa tubuh tanpa lemak. Hilangnya otot dan jaringan tulang dapat menyebabkan kelemahan dan mempengaruhi metabolisme dan kekuatan.

Image Source : Freepik

Yes or no ?

Kehilangan banyak berat badan dalam waktu singkat meningkatkan kemungkinan kenaikan berat badan lebih dari yang Anda hilangkan. Efek dari crash dietpada berat badan berumur pendek bagi banyak orang dan oleh karena itu mereka mungkin mendapatkan kembali berat badan mereka sebelumnya atau bahkan lebih.

Gangguan makan juga bisa muncul akibat pola makan yang ketat. Ini harus dipertimbangkan kembali untuk orang yang sudah memiliki gangguan makan.

Efek samping lain yang dilaporkan dengan crash diet adalah rambut rontok, dehidrasi, ketidakseimbangan elektrolit, kelemahan, sembelit, detak jantung tidak teratur, dan hipoglikemia (gula darah rendah).

Jadi baik tidaknya Crash diet ini tergantung bagaimana kita menyikapinya ya

BACA JUGA  5 camilan yang sehat agar Tubuh Tetap Langsing

Cek postingan kami selanjutnya untuk menu makanan crash diet

Salam Cibers..

Penulis, Citraberita.com