Image Source : Freepik

12 cara mudah & ampuh untuk menghilangkan Asam Lambung Naik

Penulis citraberita.com

Dengan semua tradisi yang berpusat pada makanan di sekitar musim liburan, orang cenderung mengalami lebih banyak gejala asam lambung selama periode tersebut. Anda dapat mengurangi atau mencegah gejala mulas dengan mempelajari beberapa strategi sederhana dan mengikutinya,

Apa yang menyebabkan Asam Lambung ?

Image Source : Freepik

Asam Lambung terjadi ketika asam lambung atau isi lambung kembali naik ke kerongkongan. Orang sering menggambarkan fenomena ini sebagai mulas.

Mulas sangat umum dan tidak dapat dianggap sebagai bagian dari penyakit. Namun, sering mulas dan Asam Lambung dapat mengiritasi lapisan kerongkongan dan menyebabkan penyakit Asam Lambung gastroesofagus (GERD).

Mulas umumnya merupakan masalah yang dapat diobati. Sebagian besar waktu, orang dapat mengontrol gejala mereka dengan mengubah gaya hidup dan pola makan mereka. Juga, obat-obatan yang dijual bebas dapat membantu mengurangi gejala.

Namun, beberapa orang membutuhkan perawatan yang lebih kuat atau bahkan prosedur pembedahan untuk mengatasi sakit maag kronis.

Meskipun Asam Lambung dianggap sebagai penyakit yang dapat diobati, pengobatan yang tidak tepat dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang yang serius. Jika Anda mengalami gejala asam lambung, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk diagnosis yang akurat dan pengobatan yang efektif.

Untuk memandu gaya hidup Anda menuju pencegahan Asam Lambung , gunakan “Aturan Empat” – empat poin utama yang harus diikuti sepanjang hari, saat makan, dan setelah makan.2

Image Source : Freepik

Empat hal yang harus dilakukan sepanjang hari

  1. Tetap aktif: Cobalah untuk tetap berolahraga secara rutin. Meskipun mungkin sulit untuk menyesuaikan waktu untuk berolahraga, itu pasti sepadan. Penurunan berat badan mengurangi gejala Asam Lambung .
  2. Jangan merokok: Penyebab Asam Lambung adalah otot yang lemah di perut dan kerongkongan. Nikotin dapat menyebabkan kelemahan ini. Cobalah untuk menghindari asap rokok di pesta dan acara lainnya jika memungkinkan.
  3. Jangan makan larut malam: Ini bisa jadi sulit jika Anda suka tidur larut malam atau pergi ke pertemuan sosial larut malam, tetapi cobalah untuk menghindari makanan berat setelah makan malam dan pilih camilan ringan sebagai gantinya.
  4. Batasi asupan alkohol Anda: Baik itu anggur dengan makan malam atau bir setelah bekerja, alkohol apa pun dapat memperburuk Asam Lambung .
BACA JUGA  8 Khasiat Madu Untuk Wajah dan Kecantikan Kulit
Image Source : Freepik

Empat hal yang harus dilakukan saat makan

  1. Hindari makanan berlemak: Makanan seperti keripik, saus, keju dan gorengan memperlambat laju pengosongan perut. Ini memungkinkan lebih banyak asam lambung dan isinya mengalir ke kerongkongan, menyebabkan mulas.
  2. Hidrasi diri Anda dengan air: Ganti air dengan soda dan hindari buah jeruk dan jus seperti jeruk bali, jeruk dan tomat. Jenis minuman ini menyebabkan kelebihan asam di lambung.
  3. Bumbui dengan ringan: Makanan pedas, seperti bawang merah dan bawang putih, sering mengganggu penderita GERD dan memperburuk mulas.
  4. Makan dengan piring yang lebih kecil: Makan dalam porsi besar dapat memicu gejala, jadi cobalah makan dengan porsi yang lebih kecil sepanjang hari.

Empat hal yang harus dilakukan setelah makan

  1. Batasi kopi dan makanan penutup: Cokelat dan kafein mungkin favorit, tetapi sering memicu gejala.
  2. Pelan-pelan: Aktivitas fisik setelah makan dapat menyebabkan Asam Lambung .
  3. Lewati mint setelah makan malam: Mint adalah iritasi mulas lainnya.
  4. Tetap terjaga: Makan makanan lezat bisa membuat Anda mengantuk, tetapi lawan keinginan untuk tidur siang. Tidur dalam waktu tiga jam setelah makan dapat menyebabkan gejala Asam Lambung Naik bergejolak.

Dengan perubahan kecil ini, Anda dapat membantu mengatasi mulas bahkan jika Anda menderita GERD. Ingat saja aturan empat dan Anda akan mengurangi atau bahkan menghilangkan Asam Lambung Naik Anda

Salam Cibers..

Penulis, Citraberita.com